Jakarta — Di era persaingan global dengan adanya pandemi covid 19 ini, Human Resource Management (HRM) memiliki peranan penting dalam mendukung pemerintah memajukan SDM Indonesia. Pernyataan itu disampaikan secara virtual oleh Menteri Ketenagakerjaan, Dr. Hj. Ida Fauziah M.Si pada acara penganugerahan Human Capital on Resilience Award 2021, Rabu 7 Juli 2021.

“Saya menyambut baik atas terlaksananya acara penganugerahan ini sebagai salah satu upaya mendorong perusahaan-perusahaan mematuhi peraturan yang berlaku saat pandemi dengan tetap memerhatikan keselamatan dan kesejahteraan para karyawannya,” kata Ibu Menaker.

Menurut Ibu Menaker, Ida Fauziah, ada enam hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia: Perusahaan harus dapat mengedepankan research and development yang terpogram; Para pimpinan perusahaan harus dapat mengelola dan memastikan para HR untuk concern terhadap karyawan dalam memperoleh hak-haknya di masa pendemi ini; Memprioritaskan tujuan dan tata kelola yang baik dan komprehensif; Mendorong dan memfasilitasi kemampuan dan ide para pekerjanya; Industri harus cepat dan tepat dalam beradaptasi terhadap kemajuan teknologi yang mutakhir, apalagi dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0; Para pimpinan perusahaan harus mempunyai aspek kepemimpinan yang agile dan adaptive, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional menjadi lebih baik dalam menghadapi persaingan global.

“Saya berharap kegiatan ini menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk mengikuti jejak perusahaan yang agile, adjustable dan memiliki tata kelola yang baik. Sehingga akan bermunculan perusahan-perusahaan lain untuk berkompetisi mendapatkan penghargaan ini,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Elviandi Rusdi Plt. Direktur Polteknaker, yang merupakan salah satu dewan juri dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dunia industri harus mampu meningkatkan kompetensi bagi seluruh karyawan.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan bekerjasama dengan perguruan tinggi, salah satunya Polteknaker. Polteknaker merupakan perguruan tinggi vokasi yang berada di bawah Kemenaker yang siap mencetak SDM unggul dan kompetetif sehingga mampu bersaing di pasar kerja,” kata Plt. Direktur Polteknaker.

Ia menambahkan, Polteknaker juga terus mengembangkan kurikulum yang sinergis dengan Dunia Usaha Dunia Industri (Dudi), sehingga ada link and match antara Polteknaker dengan Industri. Selain itu, Lulusan Polteknaker juga dibekali sertifikat kompetensi sehingga ke depan SDM yang ada mampu bersaing dalam persaingan global.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Indonesia Popular Mandiri bekerjasama di antaranya dengan Politenik Ketenagakerjaan dan FKM UI dengan memgusung tema; Peran Strategis HRM dalam Ketahanan Keberlangsungan Bisnis yang Berkelanjutan di masa Kenormalan Baru. Kerjasama ini sebagai ajang yang sangat strategis untuk Polteknaker sebagai tempat promosi Polteknaker dengan dunia industri,

Sebagai dewan juri di antaranya Ir. Ahmad Purwono, MBA, IPU, Prof. Dr. Laode Masihu Kamaluddin Msc.Meng, Dr. Ir. Ashwin Sasongko, Msc.

Perusahaan dan BUMN yang mendapatkan award dalam penganugerahan itu di antaranya PT. Maybank Indonesia mendapatkan bintang lima untuk dua kategori; The Best Organization Structure dan The Most Resilience Exellence Company. BPJS Ketenagakerjaan menyabet bintang lima untuk tiga kategori; The Best Organization Structure, The Best Human Capital Based on Technology, dan The Most Resilience Exellence Company. PT Wijaya Karya mendapatkan bintang empat untuk kategori; The Best Recruitment. PT Politama Prapindo mendapatkan bintang empat untuk kategori The Best Human Capital Based on Technology.

Undangan yang hadir baik secara virtual dan langsung. Bapak Eko S. Cahyanto, M. Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian RI. Asisten Deputy Bidang SDM Kementerian BUMN RI. Para Dewan Juri Human Capital on Resilience Award 2021. Para CEO/ Direktur Utama dari Perusahaan dan BUMN.

By admin