Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Ketenagakerjaan tahun akademik 2021/2022 pada 18-21 Agustus 2021 yang berlangsung secara virtual, telah berjalan dengan lancar. Hal ini disampaikan Plt. Direktur Politeknik Ketenagakerjaan, Elviandi Rusdi, P.hD dalam laporannya saat penutupan PKKMB Polteknaker Sabtu, 21 Agustus.

Pada Pembukaan PKKMB Polteknaker, Rabu 18 Agustus yang dibuka oleh Sekretaris Jedral (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi, P.hD mengatakan kepada 90 mahasiswa baru yang lolos seleksi, agar dapat melalui kegiatan pengenalan kampus dengan baik. Sebagai proses transisi, menjadi seorang mahasiswa di lingkungan Polteknaker.

Sekjen Kemnaker mengatakan, dengan menjadi mahasiswa vokasi Polteknaker dengan pendidikan vokasi, mahasiswa akan diarahkan pada penguasaan keahlian bidang ketenagakerjaan.

“Peningkatan kompetensi tidak hanya mengikuti perkuliahan, namun juga dapat melalui kegiatan kegiatan-kegiatan non-akademik, seperti organisasi kemahasiswaan, praktek lapangan, seminar, kuliah umum dan kegiatan lain yang dapat menunjang kedewasaan dan kemandirian saudara sekalian, mahasiswa baru Polteknaker,” kata Sekjen Kemnaker.

Sekjen Kemnaker berharap, seluruh mahasiswa mampu menjaga etos belajar, dan menjunjung tinggi etika, dan suasana akademik. Ia menghimbau agar seluruh mahasiswa memiliki dan menjaga komitmen sebagai mahasiswa Polteknaker yang berorientasi pada kemajuan dan prestasi serta menghindari perilaku menyimpang, kekerasan, dan tindakan kontraproduktif lainnya.

Selain dimaksudkan untuk menciptakan keakraban yang harmonis antara mahasiswa baru dan seniornya juga seluruh sivitas Polteknaker, dalam PKKMB tersebut, mahasiswa baru dibekali materi-materi penting, sebagai bentuk pengenalan kampus yang diisi oleh pemateri dari lingkungan Kemnaker dan Sivitas Akademika Polteknaker.

Pada hari Pertama, mahasiswa baru mendapatkan pembekalan oleh lima pemateri berbeda. Materi I; Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi Vokasi yang disampaikan oleh Dr. Beny Bandanadjaya, S.T., M.T, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemendikbud. Materi II; Pengenalan Politeknik Ketenagakerjaan oleh Faisal Rizza, S.H., M.H, Plt. Pembantu Direktur III Politeknik Ketenagakerjaan.

Materi III; Pengenalan Prodi D4 K3 yang disampaikan Muhammad Islam Nasution, S.T., M.Kes, Plt. Kepala Program Studi K3. Materi IV; Pengenalan Prodi D4 RI oleh Langga Lagandhy, S.H., M.H, Plt. Kepala Program Studi RI. Materi V; Pengenalan Prodi D3 MSDM oleh Dr.M. Aly Taufiq, S.Pdi., M. Si, Plt. Kepala Program Studi MSDM. Sebagai fasilitator Campus Life 9 kelompok MABA dengan pendampingan dosen dari Politeknik Ketenagakerjaan oleh Ida Umarul Mufidah, S.T., M. Si, Plt. Pembantu Direktur I.

Hari Kedua PKKMB, mahasiswa baru diajak mengenal apa saja organisasi mahasiswa atau UKM yang ada di Polteknaker oleh Pengurus Organisasi Kampus. Mahasiwa diberikan materi Pengembangan Jiwa Entrepreneur bagi Generasi Muda oleh M. Riza Adha Damanik, S.T., M. Si., Ph.D yang merupakan Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM RI, dan materi Behaviour Based Safety and Green Campus yang disampaikan oleh Soehatman Ramli, Dip SM, IASP.

Hari Ketiga PKKMB, mahasiswa dibekali materi The Future of Manpower Sector yang disampaikan oleh Indah Anggoro Putri, M.Bus. Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan RI dan dilanjutkan penyampaian materi terkait pengembangan kompetensi SDM oleh Dr. Firmanul Catur Wibowo, Dosen Universitas Negeri Jakarta.
Materi Skilling, Upskilling, Reskilling disampaikan oleh Dr. Yunus Triyonggo, CAHRI, Ketua Gerakan Nasional Indonesia Kompeten. Dilanjutkan dengan materi III, Trend dan Inovasi Industri yang disampaikan oleh rof. Dr. Laode Masihu Kamaludin, M.Sc., M.Eng, Praktisi Industri/Mantan Komisaris PT. Antam. Juga materi IV tentang Revolusi Mental dan Anti Korupsi oleh Dr. Asep Mulyana, S.H., M.H. Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Pada hari keempat sebelum penutupan PKKMB, mahasiswa baru menerima materi terakhir tentang Bela Negara Versi Gen Z, yang disampaikan oleh pemateri Cecep Agus Suprianta, S.H., M. Si., Asisten Deputi Koordinator Wawasan Kebangsaan, Kemenko Polhukam RI.

Penutupan PKKMB Tahun Akademik 2021/2022

PKKMB Politeknik Ketenagakerjaan tahun akademik 2021/2022 resmi ditutup Sabtu, 21 Agustus oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Ketenagakerjaan, Helmiaty Basri, S.Sos., M.A.P. Dalam penutupan PKKMB yang mengusung tema “From Manpower to Brainpower” mengucapkan selamat kepada 90 mahasiswa baru yang telah melewati masa transisi dan pengenalan kampus selama empat hari.

Helmiaty Basri, S.Sos., M.A.P, berpesan supaya seluruh mahasiswa baru mampu menempuh perkuliahan di Polteknaker dengan sungguh-sungguh sehingga dapat selesai tepat waktu guna memasuki pasar kerja.

“Dalam persaingan global, industri lebih mengutamakan tenaga kerja yang kompeten dalam skill, knowledge dan attitude. Manfaatkanlah perkuliahan di kampus ini sebagai kawah candradimuka untuk meningkatkan kompetensi anda sesuai dengan bidang ilmu masing-masing,” harap Kepala Pusat Pengembangan SDM Ketenagakerjaan.

Pada saat bersamaan sebelum penutupan resmi PKKMB 2021, Plt. Direktur Polteknaker, Elviandi Rusdi, P. hD, mengucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara PKKMB Polteknaker yang telah berusaha mempersiapkan semuanya untuk kelancaran acara tersebut selama 4 hari.

“Dan kepada seluruh mahasiswa baru harus punya komitmen menyelesaikan studi tepat waktu serta mempunyai kreatifitas, inovasi, dan berdaya saing dalam menghadapi persaingan kerja ketika sudah menyelesaikan studinya,” pesan Plt. Direktur Polteknaker kepada mahasiswa baru.

Untuk diketahui, ada tiga prodi di Perguruan Tinggi Politeknik Ketenagakerjaan. Yaitu D-IV Relasi Industri (RI) dengan gelar Sarjana Terapan Relasi Industri (S.Tr.M). Kemudian D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan gelar Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (S.Tr.K3). Dan D-III Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dengan gelar Sarjana Terapan Manajemen Sumber Daya Manusia (A.Md.,MSDM).

Selama PKKMB, telah terpilih tiga mahasiswa terbaik. Masing-masing satu orang untuk satu prodi. Yaitu untuk prodi K3, Audi Nalurita Dewantari. Untuk Prodi MSDM, M. Husnul Ibad, dan Prodi RI, Alif Saisa Muhana. Untuk Kegiatan perkuliahan mahasiswa baru Polteknaker, akan dimulai pada 30 Agustus 2021

 

Category
Tags

Comments are closed

Translate »