Politeknik Ketenagakerjaan menggelar workshop tentang Penulisan Ilmiah dan Strategi Publikasi Politeknik Ketenagakerjaan.
Politeknik Ketenagakerjaan gelar workshop Penulisan Ilmiah dan Strategi Publikasi Politeknik Ketenagakerjaan bagi dosen, acara di gelar di Hotel DE JAVA Bandung, 3 s/d 6 Mei 2021. Dosen Politeknik Ketenagakerjaan dibekali bagaimana penulisan ilmiah dan strategi publikasi.

Adhi Indra Hermanu, S.T., M.T., M.M, Kasubdit Riset Dasar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  dalam Paparan menginformasikan buku panduan dan ketentuan-ketentuan terkait lainnya, Memahami kriteria/makna dari setiap skema penelitian yang akan diajukan

Assoc. Prof. Yudi Fernando, MBA., M.LogM., Ph.D, Senior Lecturer, Faculty of Industrial Management, University Malaysia Pahang dalam Paparan nya ada beberapa poin yaitu;

  1. Nyatakan kesimpulan Anda dalam bahasa yang jelas dan sederhana.
  2. Untuk memenuhi tujuan penelitian
  3. Untuk menyajikan kontribusi apa pun pada topik yang ditampilkan dalam literatur
  4. Rangkum apa yang telah Anda tulis di makalah Anda
  5. Uraikan pentingnya temuan Anda.
  6. Memperluas cara berpikir tentang masalah penelitian

Dengan workshop ini diharapkan akan ada penulisan ilmiah dari dosen, tujuannya tidak lain meningkatkan jumlah publikasi penulisan ilmiah, bagi dosen.

Tidak hanya itu dengan ada workshop penulisan ilmiah dan strategi publikasi  ini kita mendapatkan ilmu.   Ini adalah pelatihan tahun pertama. Kita ingin bangun lingkungan budaya menulis dan budaya publikasi di Politeknik Ketenagakerjaan. Saat ini budaya itu belum menyebar, masih terpusat pada kelompok kecil.

Selain itu, targetnya workshop penulisan ilmiah dan strategi publikasi ini meningkatkan produktivitas dalam publikasi jurnal ilmiah. Publikasi ilmiah menyebar ke seluruh dosen Politeknik Ketenagakerjaan.

Dalam workshop ini kami berharap betul betul bisa memberikan kontribusi kepada dosen. Semoga workshop ini  bisa diikuti dengan baik. Manfaatkan waktu workshop untuk menyelesaikan dan menemukan tips tips yang belum ditemukan dalam publikasi ilmiah.

Hal senada disampaikan oleh Plt. Direktur Politeknik Ketenagakerjaan, Elviandi Rusdi, S.E., M.Hum, Ph.D bahwa pelatihan ini untuk membekali dosen dalam mempersiapkan artikel ilmiah yang bereputasi nasional dan bagaimana etika dalam publikasi, selain itu bagaimana mengetahui proses dalam publikasi.

Materi workshop juga ditekankan  pada  membekali apa sebenarnya jurnal, selain itu memberikan struktur dari artikel ilmiah, bagaimana proses proses review ketika memasukan artikel ke dalam suatu jurnal.

Dosen biasanya terkendala oleh manuscrip yang disiapkan tidak matang, meski kualitas data bagus namun tidak mengikuti kaidah kaidah sehingga miskin persiapan. Untuk itu melalui  workshop ini kami bantu bagaimana menyiapkan pendahuluannya, abstract yang baik seperti apa, metode nya seperti apa.

Category
Tags

Comments are closed