Jakarta (26/7) – Demi menciptakan tata kelola yang efektif dan efisien dalam peminjaman sarana dan prasarana, POLTEKNAKER menyediakan Aplikasi Sistem Peminjaman Sarana dan Prasarana yang disingkat SIMASPRAS bagi Civitas Akademika POLTEKNAKER. Untuk itu di Harris Hotel Tebet diselenggarakan acara sosialisasi selama dua hari, tanggal 25 s.d. 26 Juli 2023.
Dihadiri oleh perwakilan dari jajaran pimpinan, unit penunjang, dan organisasi mahasiswa POLTEKNAKER, acara ini menarik antusiasme para peserta. Tanpa harus bertatap muka, Civitas Akademika cukup mengecek ketersediaan ruang atau sarana lainnya melalui aplikasi SIMASPRAS, untuk Kemudian mengajukan peminjaman.
Penggunaan aplikasi ini memang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menjalankan tata kelola kantor dan akademik dengan baik. Dengan SIMASPRAS para pengguna baik pegawai maupun organisasi mahasiswa POLTEKNAKER dapat bekerja dengan lebih efisien dan efektif. Hal tersebut disampaikan oleh Kasubbag Umum dan Keuangan, Dyah Yulia Kumaladewi, S.Sos., M.E. selaku inisiator aplikasi SIMASPRAS.
“Selama ini kita sering bentrok saat peminjaman ruangan dan kendaraan. Jadi latar belakang menghadirkan aplikasi ini, supaya semua pihak di Politeknik Ketenagakerjaan dapat dengan nyaman dan dipermudah terkait peyalanan sarana prasarana yang langsung berada di bawah Bagian Umum dan Keuangan,” jelas Dyah.
SIMASPRAS memiliki alur peminjaman yang jelas dan ber-SOP, sehingga tidak ada yang dirugikan. Dyah berharap Sosialisasi ini dapat menghasilkan kesepahaman bersama mengenai tata cara peminjaman sarana dan prasarana di lingkungan POLTEKNAKER.
“Aplikasi ini memang belum sempurna. Salah satu tujuan adanya sosialisasi ini juga untuk mendapatkan masukan yang membangun dari seluruh pihak agar SIMASPRAS dapat dimanfaatkan secara maksimal,” harap Dyah.
Pada kesempatan yang sama, Pembantu Direktur I, Bambang Wardoyo, S.E., M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Aplikasi SIMASPRAS hadir untuk mendukung pelaksanaan e-Government di POLTEKNAKER. E-Government merupakan pemanfaatan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pemerintahan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan pelayanan publik.
“Saya harapkan dengan adanya sosialisasi ini, proses peminjaman sarana dan prasarana kita dapat dikelola dengan baik, efektif dan efisien. Mari kita bekerja bersama-sama agar tujuan yang kita harapkan bisa tercapai,” tutup Bambang.
Untuk mengakses SIMASPRAS, calon peminjam dapat masuk dari laman website https://simaspras.polteknaker.ac.id yang terhubung langsung ke aplikasi utama peminjaman sarana prasarana ini. Nanti calon peminjam akan diberikan akses user dan password khusus, kemudian login untuk bisa melihat sarana dan prasarana apa saja yang bisa dipinjam sesuai dengan kebutuhan.
Selanjutnya para calon peminjam dapat mengirimkan form peminjaman melalui fitur “ajukan formulir peminjaman” melalui aplikasi tersebut. Setelah itu, pengguna diarahkan untuk konfirmasi yang otomatis terhubung melalui pesan WhatsApp Admin SIMASPRAS.
Aplikasi SIMASPRAS saat ini dapat digunakan dalam masa uji coba, sehingga membutuhkan penyempurnaan dari masukan para pengguna. Untuk itu, selamat mencoba Aplikasi SIMASPRAS. (DB)
Informasi lengkap terkait POLTEKNAKER kunjungi:
Website: https://polteknaker.ac.id
Instagram: https://www.instagram.com/polteknaker
Facebook: https://www.facebook.com/polteknaker
Twitter: https://twitter.com/polteknaker
Youtube: https://youtube.com/@polteknaker
Whatsapp: 0811-1742-451