Kuliah Umum: “Peluang dan Tantangan Dunia Kerja Bagi Lulusan Vokasi”

Jakarta (9/10) – Politeknik Ketenagakerjaan (POLTEKNAKER) mengemban tugas dalam memajukan arah pengembangan pendidikan, serta membangun langkah kolaboratif untuk memenuhi proyeksi kebutuhan tenaga kerja di masa mendatang. Kali ini POLTEKNAKER menyelenggarakan Kuliah Umum pada hari Selasa, 10 September 2024, di Aula Tridharma Politeknik Ketenagakerjaan.

Kuliah Umum mengundang Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan,  Prof. Anwar Sanusi, Ph.D., sebagai Narasumber Utama di hadapan seluruh Civitas Akademika POLTEKNAKER. Dengan mengangkat tema “Peluang dan Tantangan Dunia Kerja Bagi Lulusan Vokasi”, acara ini dihadiri pula oleh Para Pejabat Tinggi Kementerian Ketenagakerjaan.

Dalam kuliah umum Anwar Sanusi menyampaikan beberapa pembahasan mengenai: Kondisi Ketenagakerjaan Indonesia, Peluang dan Tantangan Dunia Kerja di Era Digital, dan Kebijakan Pemerintah di Bidang Ketenagakerjaan.

Beliau juga menambahkan bahwa di tengah dinamika dan transformasi ketenagakerjaan dan pendidikan, Mahasiswa perlu mempersiapkan diri secara matang untuk mengahadapi tantangan dunia kerja bagi lulusan vokasi.

Adapun beberapa yang harus di persiapkan untuk menghadapi peluang dan tantangan dunia kerja bagi lulusan vokasi  yaitu dengan meningkatkan: Kemampuan Teknis (Hard Skills), Keterampilan Non-Teknis (Soft Skills), Sertifikasi dan Portofolio, Jaringan Profesional (Networking), Pemahaman Industri dan Tren, Pengalaman Magang, Kemampuan Bahasa Asing, dan Mentalitas Belajar Sepanjang Hayat (Lifelong Learning), pesan  Sekjen Anwar Sanusi.

Suasana kuliah umum semakin dinamis saat Sekjen Anwar Sanusi  membuka sesi tanya jawab dengan para mahasiswa POLTEKNAKER. Kuliah Umum ini menggerakkan semangat para mahasiswa untuk terus meningkatkan wawasan dan kompetensinya. Kesempatan kuliah beasiswa penuh di POLTEKNAKER kiranya direspon dengan memanfaatkan masa kuliah secara optimal oleh para mahasiswa, sehingga dapat menjadi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat dunia setelah lulus nanti.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Direktur POLTEKNAKER Prof. Dr. Yoki Yulizar, M.Sc. Dalam sambutannya, Yoki menyampaikan bahwa Kuliah Umum ini menjadi salah satu upaya dari POLTEKNAKER untuk menambah wawasan bersama, dan menjadi  forum untuk berdiskusi dalam menghasilkan gagasan yang inovatif dan transformatif. (SMH)

Informasi lengkap terkait POLTEKNAKER kunjungi:
Website: https://polteknaker.ac.id
Instagram: https://www.instagram.com/polteknaker
Facebook: https://www.facebook.com/polteknaker
Twitter: https://twitter.com/polteknaker
Youtube: https://youtube.com/@polteknaker
Whatsapp: 0811-1742-451